Logo KPU KALTIM

KOMISI PEMILIHAN UMUM

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Wujudkan Pemilu Yang Jujur, Adil & Bermartabat

Sekilas Info
  • Wujudkan Pemilu Yang Jujur, Adil & Bermartabat
  • Selamat Datang Di Website KPU Provinsi Kalimantan Timur

PROKER Mahasiswa KKN UNMUL Bersama KPU Provinsi Kalimantan Timur


KPU Kaltim Ajari Siswa SLB 'nyoblos'

Jangan Dikasihani, Tapi Fasilitasi !!

 
Salah satu siswa SLB Pembina Provinsi menunjukkan jari kelingkingnya, tanda telah selesai "men-coblos", saat simulasi pemilu Sabtu (12/8) lalu.

Samarinda, kaltim.kpu.go.id - Jelang dimulainya tahapan Pemilihan Gubernur Kaltim PILGUB Kaltim Tahun 2018, KPU Provinsi Kaltim makin gencar menggelar sosialisasi. Mengingat pentingnya pengetahuan dan literasi Kepemiluan disampaikan kepada semua lapisan masyarakat. KPU Kaltim bersama mahasiswa KKN Universitas Mulawarman (Unmul) Kelompok 007 Samarinda menyasar para penyandang different abbility (difabel).

Ketua Kelompok KKN 007 Samarinda Unmul Ryan Pratama Putra mengatakan, kegiatan sosialisasi dan simulasi pemungutan suara, untuk penyandang difabel digelar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina Provinsi Jl Padat Karya Samarinda Utara, karena dianggap sangat representatif. Mengingat selama ini menurut pengakuan kepala sekolah belum pernah sosialisasi seperti ini.

"Setelah melakukan survey di beberapa sekolah, kami akhirnya memilih SLB Pembina Provinsi, karena secara demografi siswanya kami pandang tepat," ujar Rian usai kegiatan.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (12/8) lalu, dihadiri sedikitnya 29 siswa SLB Pembina yang telah memasuki masa usia pemilih pemula. Ryan menjelaskan meskipun memiliki kebutuhan khusus, siswa SLB mampu mengikuti kegiatan sosialisasi dan simulasi dengan serius dan nampak antusias.

Nampak dari raut bahagia para siswa yang secara aktif mengikuti, materi demi materi, hingga simulasi pemungutan suara dilakukan.

"Kami berupaya agar materi dan simulasi disajikan dengan cara yang menyenangkan, dan tidak terkesan berat," paparnya.

Ia menyebut, kelompoknya sengaja memilih menggelar sosialisasi dan simulasi di SLB karena selama ini, perhatian untuk mereka khususnya dalam memberikan literasi dan pendidikan politik masih terbilang rendah. Ia berharap melalui kegiatan sederhana tersebut, dapat menjadi triger untuk para pihak terkait untuk lebih memberikan perhatian kepada para penyandang difabel khususnya mengenai haknya sebagai warga negara yaitu hak untuk di pilih dan memilih.

"Mereka itu jangan di kasihani, tapi di fasilitasi," tukasnya.

Sementara itu, Kepala SLB Negeri Pembina Provinsi Agus Prasetya mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan tersebut. "Terimakasih, karena melibatkan kami, kami harap intensitas kegiatan begini bisa ditingkatkan, dan tidak hanya di sekolah kami saja," tuturnya.

Senada, Kepala Sub Bagian Hukum KPU Kaltim Susan Charly Rumate mendampingi dan menyampaikan sambutan dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 wita hingga 10.30 wita tersebut, merasa bangga atas inisiatif positif dari Kelompok 007 KKN Unmul, karena kelompok lain menggelar sosialisasi dan simulasi di tempat atau audiens yang sudah umum di SMA / SMK.

"Saya bangga karena mereka bisa melihat sisi lain dari persamaan hak warga negara," ungkapnya. (NitaWidya_Kelompok/007)