Logo KPU KALTIM

KOMISI PEMILIHAN UMUM

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Wujudkan Pemilu Yang Jujur, Adil & Bermartabat

Sekilas Info
  • Wujudkan Pemilu Yang Jujur, Adil & Bermartabat
  • Selamat Datang Di Website KPU Provinsi Kalimantan Timur

Benang Merah IT Dalam Proses Kerja KPU Provinsi dan Kabupaten Kota se-Kaltim


Dalam era moderenisasi seperti sekarang ini perkembangan perangkat teknologi informasi atau yang biasa disebut dengan istilah Information Comunication and Technologi (ict) sangatlah pesat dan tak dapat di bendung. Hampir pada setiap menit, setiap detik dan setiap jam di temukan dan di ciptakan hasil karya dari penemuan-penemuan terbaru baik dari sisi perangkat keras (Hardware) ataupun perangkat lunak (software) di seluruh penjuru dunia.

 Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, masyarakat semakin cerdas dan semakin menyadari betapa pentingnya sebuah informasi. Kini informasi tidak lagi di pandang sebelah mata, karena sudah menjadi kebutuhan utama bagi semua sektor  di masyarakat sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan.

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur sebagai penyelenggara pemilu sangat menyadari akan hal tersebut. Oleh karenanya komisioner KPU Kaltim Divisi Teknis Rudiansyah mengingatkan "agar seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Kaltim hendaknya memanfaatkan perangkat teknologi yang ada semaksimal mungkin untuk dapat menyebar luaskan informasi berkaitan dengan persiapan pemilu, khususnya PILGUB Kaltim yang akan di gelar pada tahun 2018. Dengan memanfaatkan berbagai macam media seperti web portal, media sosial, agar informasi ini mudah di pahami oleh masyarakat umum dan akan meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara Indonesia khususnya warga Kaltim pada PILGUB yang akan datang".

Sementara itu, terdapat beberapa keluhan dari KPU Daerah berkaitan dengan infrastruktur penunjang yang belum memadai. Seperti daerah Mahakam Ulu misalnya, yang merupakan kabupaten termuda di Kaltim. "Jaringan internet di wilayah kami masih sangat terbatas, jangankan menyampaiakan informasi melalui web portal, atau akses facebook atau media sosial (medsos), untuk berkomunikasi telepon pun masih belum optimal, Whats Up (WA) saja masih susah pak", ujar ketua KPU Kabupaten Mahulu.

Menanggapi hal tersebut Susan Rumante selaku Kasubag Hukum menyarankan, perlunya pengembangan infrastruktur jaringan dan pemanfaatan VSAT sebagai alternatif untuk dapat menunjang operasional KPU Kabupaten Mahulu sebagai penunjang penyebaran informasi dan pelaporan data kepada KPU Provinsi.

Menaggapi kendala tersebut, Rudiansyah mengusulkan agar di bentuk zona pada masing-masing daerah untuk mempermudah penyampaian informasi publik ataupun pelaporan data kepada KPU Provinsi. "Saya mengusulkan dibentuk saja zona KPU Kabupaten Kota, misalnya KU Kukar-Kubar-Mahulu, kedua Balikpapan-Penajam-Paser, ketiga Bontang-Kutim-Berau". Tegasnya. (Ict/KPU-Kaltim/Hupmas)